BIAYA MENDAFTAR CPNS

Bulan ini adalah bulannya PNS, sebab hampir setiap Kabupaten Kota yang ada di Propinsi Sumatera Utara menerima CPNS, baik yang jalur umum maupun untuk jalur honor.
Yang menarik dari CPNS sekarang ini adalah ” berapa biaya Yang Harus Dikeluarkan Pelamar untuk Bisa Mengikuti Testing “. Hal ini disebabkan oleh mental para personil yang mengurusi para Calon Pelamar PNS.
Seperti kita ketahui apabila satu daerah menerima CPNS maka para pelamar akan menyerbu dari semua penjuru negeri ini……Apabila yang bersangkutan bukanlah PUTRA ASLI DAERAH ,maka biaya yang harus dikeluarkan adalah mulai dari ongkos waktu melamar, surat izin tinggal yang harus dimnta dari Kelurahan ataupun dari Desa, kemudian ongkos waktu mengambil nomor ujian (itupun kadang-kadang tidak sesuai dengan janji…..alias molor waktunya), biaya transport, makan maupun minum selama proses tersebut………..
Kita contohkan untuk penerimaan Kabupaten Batu bara…. PNS yang akan diterima ± 800 orang. Jumlah pelamar adalah ± 33.000 orang. Apabila kita asumsikan pelamar dari luar adalah 40%, berate ada ± 13.300 orang pelamar berasal dari luara daerah Kabupaten batu Bara. Biaya yang harus dikeluarkan untuk 1 (satu) orang pelamar adalah :
Biaya materai membuat lamaran = 6.000
Biaya Leges Izin Tinggal = 25.000
Biaya Makan/Transport =100.000
Biaya tak terduga = 50.000
T o t a l =181.000
Apabila jumlah pelamar ± 13.000 dikalikan dengan jumlah uang yang harus dikeluarkan oleh 1 (satu) orang pelamar yaitu 181.000, maka uang yang beredar adalah 2.407.300 (Dua miliar empat ratus juta tujuh ribu tiga ratus rupiah), ini adalah angka yang luar biasa…………………………… ini bisa saja lebih……sebab ada yang pelamar dari mengambil resi KTP dimana dia mau melamar……
Kalaulah uang yang begitu besar dikeluarkan oleh para pelamar sebading dengan Pelaksanaan testing PNS yang jujur, adil dan transparan, mungkin ini tidak masalah, tetapi kan tidak seperti itu……….
Mudah-mudahan tulisan ini bias membuka mata kita bahwa “ Betapa besarnya uang beredar setiap musim CPNS tiba, dan juga masih lemahnya mental aparat pemerintah kita dalam menyambut Program Ganyang Korupsi di Muka Bumi pertiwi ini “

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s